Viral, Guru Ini Rela Ubah Papan Tulis Jadi Layar Komputer

Viral, Guru Ini Rela Ubah Papan Tulis Jadi Layar Komputer

Viral, Guru Ini Rela Ubah Papan Tulis Jadi Layar Komputer

Viral, Guru Ini Rela Ubah Papan Tulis Jadi Layar Komputer –  kreativitas yang dimiliki oleh guru yang satu ini. Owura Kwadwo, seorang guru komputer di salah satu sekolah di Ghana, melakukan kreativitas yang sanggup membuat siapa pun yang melihatnya berdecak kagum.

keterbatasan sarana dan prasarana di sekolahnya, khususnya  komputer, ia pun berinisiatif ‘mengubah’ papan tulis hitam di kelasnya menjadi layaknya sebuah layar komputer. Dengan bantuan kapur tulis warna-warni, ia melukis dengan sempurna tampilan Microsoft Word di ‘layar komputer’ tersebut. Ia melakukan ini semata-mata untuk membuat siswanya paham apa yang sedang diajarkannya.

Owura Kwadwo mungkin tidak akan pernah menyangka kalau postingan di akun media sosial miliknya akan sebegini viralnya. Di akun Facebooknya, Owura Kwadwo Hottish, Owura membagikan beberapa foto saat ia sedang mengajarkan muridnya tentang Microsoft Word. Terlihat dalam foto yang dibagikannya, ia sedang dengan khidmatnya menggambar tampilan Microsoft Word di papan tulis hitam, hasilnya pun bisa dibilang sangat bagus, serupa dengan aslinya. Tak lupa ia membubuhkan caption yang begitu menginspirasi dalam postingan foto miliknya.

Aku menyayangi muridku, jadi aku harus melakukan hal yang bisa membuat mereka paham apa yang sedang aku ajarkan.”

Kurangnya sarana dan prasarana sekolah di Ghana

Usaha maksimal Owura untuk mengajari dan membuat murid-muridnya paham di tengah keterbatasan, membuatnya ‘banjir’ apresiasi dari banyak orang. Hal itu bisa dilihat dari kolom komentar berisikan pujian.

Pada postingan foto di akun Facebook milik Owura. Tak hanya itu, atas semangat mengajar dan kreativitasnya dalam menyiasati kurangnya sarana dalam mengajar, warganet pun meminta Owura dianugerahi penghargaan.

Dengan viralnya postingan Owura, tentu saja kurangnya sarana mengajar sekolah-sekolah di Ghana menjadi sorotan. Sama halnya dengan beberapa wilayah pelosok di negara kita, perkara kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah, utamanya ketersediaan komputer,

Bukanlah hal yang tak lazim lagi ditemukan di Ghana. Banyak sekolah di wilayah pedesaan atau pelosok Ghana juga mengalami permasalahan yang sama, tidak adanya sarana IT di sekolahnya.

Mahama Maria, seorang kepala sekolah SD di distrik Sagnarigu, wilayah bagian utara Ghana, menyebutkan bahwa satu-satunya laptop yang dimiliki sekolahnya sudah tidak bisa digunakan sejak dua tahun silam.

Laptop hasil sumbangan tersebut, biasanya digunakan untuk mengajar sekitar 430 siswa di sana. Ia mengakui bahwa ini merupakan sebuah kendala besar dalam pengajaran komputer di sekolah mereka. Guru komputer ada, namun sarana untuk mengajarnya tidak tersedia.