Tidak Terpengaruh Orang Lain saat Membuat Keputusan

Tidak Terpengaruh Orang Lain saat Membuat Keputusan 735x400 - Tidak Terpengaruh Orang Lain saat Membuat Keputusan

Tips agar Gak Mudah Terpengaruh Orang Lain saat Membuat Keputusan

Tidak Terpengaruh Orang Lain saat Membuat Keputusan – Setiap hari kita dihadapkan dengan pilihan. Apalagi hidup di kota besar seperti Jakarta yang kini menyediakan semakin banyak pilihan untuk kemudahan beraktivitas. Dalam menjalani hidup ini, kita dihadapkan dengan banyak sekali pilihan.

Bahkan berbagai pilihan yang sudah kita putuskan di masa lalu membentuk hidup kita seperti sekarang. Dalam memilih dan memutuskan sesuatu, kita tentu harus mempertimbangkannya dengan matang agar keputusan yang kita ambil tepat. Saat memutuskan suatu hal, gak jarang orang lain di sekitar kita mempengaruhi proses pengambilan keputusan tersebut.

Meski orang yang mempengaruhi kita sudah berpengalaman dan memang berniat Download Aplikasi IDNPlay Terbaru baik kepada kita, namun keputusan akhir tetap ada di tangan kita. Bagaimanapun, kita sendiri yang akan menjalani dan menerima konsekuensi atas pilihan tersebut. Berikut ini tujuh tips yang bisa kita lakukan agar gak mudah terpengaruh orang lain saat membuat keputusan.

Melakukan self-talk

Dalam membuat suatu keputusan, tentu sangat penting untuk mendengarkan apa kata hati kita. Hal tersebut dapat kita lakukan melalui self-talk atau berbincang dengan diri sendiri. Dengan melakukan self-talk, kita jadi tahu apa yang sebenarnya kita inginkan.

Kita juga bisa menilai apakah keputusan yang kita ambil sesuai dengan hati nurani kita atau tidak. Dengan begitu, kita pun jadi gak mudah terpengaruh oleh pendapat orang lain saat mengambil keputusan. Jadi, jangan lupa luangkan waktu untuk self-talk sebelum membuat keputusan, ya!

Berani berkata ‘tidak’

Gak sedikit orang yang mudah terpengaruh orang lain karena sulit berkata “tidak”. Orang-orang semacam ini biasanya takut menyinggung orang lain atau bahkan cenderung ingin selalu menyenangkan orang lain. Saat mengambil keputusan dan dipengaruhi pendapat orang lain yang bertentangan dengan diri sendiri, jangan takut untuk berkata “tidak”.

Bila kita belum terbiasa, latih diri kita untuk berkata “tidak” di depan cermin setiap hari. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri kita sehingga lebih mudah menolak sesuatu yang gak kita senangi.

Menggali informasi dan data valid sebanyak mungkin sebelum membuat keputusan

Sebelum mengambil keputusan, kumpulkan sebanyak-banyaknya informasi dan data terkait keputusan yang akan diambil. Setelah informasi dan data tersebut terkumpul, pelajari dengan cermat dan jadikan pedoman dalam membuat keputusan.

Kalau perlu, buat daftar pro dan kontra dari setiap pilihan keputusanmu. Dengan berpegangan pada data, kita bisa lebih kritis dan gak mudah dipengaruhi orang lain saat membuat suatu keputusan.

Menggali atau mengingat kembali apa yang jadi target atau tujuan hidupmu

Setiap orang pasti punya target atau tujuan hidupnya masing-masing untuk dicapai. Karena itu, coba gali atau kembali apa yang sebenarnya jadi target hidup kita. Mengetahui atau mengingat kembali target tersebut akan membantu kita dalam mengambil keputusan tanpa mudah terpengaruh orang lain.

Cobalah tuliskan targetmu ke dalam secarik kertas, lalu pikirkanlah apakah keputusanmu tersebut mendukung dalam mencapai target tersebut? Atau, pikirkan juga bagaimana langkah yang seharusnya diambil agar kita bisa mencapai target tersebut.

Percaya pada diri sendiri

Kita seringkali mudah terpengaruh dengan pendapat orang lain karena kita kurang atau bahkan gak percaya diri. Misalnya, kita mungkin sebenarnya sudah yakin ingin mengambil keputusan A, tapi karena kurang percaya diri, kita mungkin malah mengambil keputusan B setelah dipengaruhi orang lain.

Karena itu, pupuk terus rasa percaya diri supaya kita gak ragu dalam mengambil berbagai keputusan. Begitu kita sudah yakin dengan suatu keputusan, gak perlu takut atau ragu bila ada orang lain yang menentang keputusan kita tersebut.

Bila memungkinkan, memberi jeda sebelum memutuskan

Bila kita memiliki cukup waktu dalam memutuskan sesuatu, sediakan waktu jeda sebelum kita mengeluarkan keputusan akhir. Kita mungkin sudah punya keputusan di tangan, tapi keputusan tersebut mungkin dibuat dalam waktu singkat dan bahkan bisa jadi ada ‘campur tangan’ dari orang lain.

Jeda akan sangat bermanfaat untuk menjernihkan isi pikiran kita supaya proses pengambilan keputusan gak terpengaruh oleh orang lain atau hal-hal yang sifatnya emosional. Dengan begitu, keputusan kita diharapkan dapat lebih objektif. Selama waktu jeda, cari tempat atau suasana yang tenang. Cobalah pikirkan kembali keputusan yang sudah kamu buat secara lebih luas.

Menjaga jarak dulu dengan orang lain

Bila kita merasa mudah dipengaruhi orang lain, maka jangan ceritakan ke orang lain kalau kita dihadapkan pada beberapa pilihan dan harus membuat keputusan. Kalau orang lain ternyata tahu, misalnya kamu dan rekan kerja sama-sama harus mengambil keputusan, gak ada salahnya untuk menjauhi sejenak orang tersebut terlebih dahulu.

Gak hanya secara fisik, kita juga perlu jaga jarak dengan orang tersebut secara digital, misalnya dengan menonaktifkan sementara media sosial. Dengan begitu, kita bisa memutuskan sesuatu dengan tenang tanpa pengaruh orang lain. Kalau perlu, carilah tempat yang tenang yang bisa membuat pikiran kita menjadi lebih jernih.

Nah, itulah tadi tips yang bisa kita lakukan agar gak mudah terpengaruh orang lain saat membuat keputusan. Bagaimanapun juga, kita harus percaya dan yakin dengan diri sendiri. Semoga bermanfaat, ya!