Terlalu Mengkhawatirkan Penilaian Orang Lain Soal Dirimu

Terlalu Mengkhawatirkan Penilaian Orang Lain Soal Dirimu - Terlalu Mengkhawatirkan Penilaian Orang Lain Soal Dirimu

Tanda Kamu Terlalu Mengkhawatirkan Penilaian Orang Lain Soal Dirimu

Terlalu Mengkhawatirkan Penilaian Orang Lain Soal Dirimu – Sebagai makhluk sosial, wajar kalau Anda merasa perlu menjaga image atau citra diri yang baik di depan orang-orang. Karena itu, timbul kecemasan soal pendapat orang lain mengenai diri Anda sendiri. Penilaian orang lain tentu menjadi salah satu bahan pertimbangan saat hendak melakukan sesuatu.

Pada umumnya, idn poker apk hampir semua orang ingin mendapatkan penilaian yang baik dari orang lain. Namun, tak jarang hal itu malah membuat diri sendiri menjadi terlalu khawatir atas penilaian orang lain. Tentu saja hal itu malah akan menjadi bumerang dan tidak baik bagi diri sendiri. Oleh karena itu, coba cek dulu lima tanda berikut untuk mengetahuinya.

Merasa tidak tenang saat ada sedikit saja kekurangan dalam usahamu

Jika kamu selalu khawatir tentang bagaimana nantinya penilaian orang lain, perasaanmu akan sulit tenang meski hanya ada sedikit saja kekurangan dalam usaha yang kamu lakukan. Sebaiknya jangan terus memelihara perasaan khawatir itu ya.

Kenapa? Ya, terus memelihara perasaan khawatir itu sama saja dengan menyiksa diri secara perlahan-lahan. Bagaimana tidak menyiksa diri namanya, memelihara perasaan khawatir itu juga akan sering memunculkan ketidaknyamanan lho. Jadi, jangan khawatir berlebihan ya!

Terlalu sering bertanya pada orang lain saat hendak membuat keputusan sendiri

Wajar-wajar saja kok jika kamu ingin bertanya pada orang lain saat hendak membuat suatu keputusan. Misalnya seperti menanyakan saran atau nasihat yang mungkin cocok untuk keputusan yang hendak kamu buat.

Namun, jika kamu terlalu sering bertanya pada orang lain saat hendak membuat keputusan, itu artinya kamu masih sering khawatir dengan penilaian orang lain. Pada akhirnya keputusan ada di tanganmu, orang lain hanya dapat memberi pendapatnya. Jadi, sebaiknya selalu pikirkan dengan baik ya!

Melakukan segala sesuatu dengan tujuan untuk tampil sempurna

Berusaha tampil baik dan maksimal di hadapan orang lain adalah sah-sah saja, yang penting kamu betul-betul menginginkannya. Namun yang jadi persoalan adalah jika kamu melakukan segala sesuatu dengan tujuan untuk tampil sempurna di hadapan orang lain.

Apakah mungkin untuk selalu tampil sempurna setiap saat? Rasanya tentu tidak ya, oleh karena itu jangan terlalu memaksakan diri hanya demi tampil sempurna. Lakukan saja hal-hal terbaik yang bisa kamu lakukan tanpa perlu memaksakan diri. 

Merasa kalau penilaian orang lain pasti cocok dan tepat untukmu

Ingatlah kalau orang lain juga manusia biasa yang bisa melakukan kesalahan, termasuk salah dalam menilai. Oleh karena itu, jangan terlalu khawatir dengan penilaian orang lain selama apa yang kamu lakukan baik dan tidak merugikan. Penilaian orang lain belum tentu cocok dan tepat untukmu, justru kamu sendiri yang seharusnya paling bisa mengenal dan menilai diri sendiri.

Meski sudah berusaha dengan maksimal, entah kenapa perasaan khawatir itu masih cukup sering muncul

Berusaha maksimal itu memang sangat penting, namun bukan berarti harus sampai mengorbankan kebahagiaan sendiri. Jika kamu sudah berusaha maksimal harusnya perasaan tenang dan ikhlas yang perlu dipertahankan.

Sebab, hasil yang akan terjadi tak selalu berada dalam kendali sendiri. Banyak hal yang memengaruhi hasil meski usaha sudah maksimal. Oleh karena itu, penting untuk tidak membiarkan diri terlalu khawatir dengan penilaian orang lain.

Jadi, itulah tanda kalau kamu terlalu mengkhawatirkan penilaian orang lain soal dirimu. Hindari rasa khawatir yang berlebihan hanya karena penilaian orang lain. Lakukan yang terbaik dan jangan pernah lupa untuk bahagia ya. Semoga bermanfaat!