Orang yang Tidak Bisa Menghargai Diri Sendiri

Orang yang Tidak Bisa Menghargai Diri Sendiri - Orang yang Tidak Bisa Menghargai Diri Sendiri

Ciri Orang yang Tidak Bisa Menghargai Diri Sendiri, Apa Itu Kamu?

Orang yang Tidak Bisa Menghargai Diri Sendiri – menghargai diri sendiri alias self esteem merupakan hal yang perlu dimiliki setiap orang. Sebab, ini akan mengangkat rasa percaya diri mereka dan kemampuan menjalani hidup yang berkualitas. Menghargai diri sendiri merupakan salah satu bentuk self love. Seni menghargai diri sendiri yaitu bagaimana kamu mampu menerima apa adanya dirimu tanpa harus melihat orang lain.

Pentingnya sikap menghargai diri sendiri pun sudah cukup banyak dibahas di era saat ini. Sebab hal itu merupakan salah satu kunci kebahagiaan lantaran kamu bisa memaksimalkan potensi diri sendiri. Namun, di masa sekarang yang cenderung erat kaitannya dengan era digital, justru membuat orang-orang-orang sulit untuk menghargai diri sendiri.

Hal itu dipicu oleh daftar idnplay berbagai postingan di media sosial yang kerap menyajikan kehidupan yang lebih “menarik”, hingga muncullah kata insecure yang kita kenal sekarang sebagai salah satu akibat dari hal tersebut. Nah, untuk mengenal lebih lanjut terkait bagaimana cara menghargai diri sendiri, maka kamu perlu mengetahui beberapa ciri-cirinya terlebih dahulu agar mudah dalam memahami. Simak, ya!

Selalu merasa tidak cukup baik dalam hal penampilan

Kamu yang kurang menghargai diri sendiri akan cukup kesulitan dalam hal berpenampilan. Sebab kamu selalu merasa buruk jika mengenakan apapun. Padahal nyatanya tidak demikian. Setiap orang akan menjadi unik dengan penampilannya masing-masing terlepas dari apapun yang mereka kenakan. Ini hanya masalah pola pikirmu saja yang perlu dibenahi untuk bisa lebih menghargai diri sendiri terlebih dahulu.

Tidak berani untuk menjadi berbeda

Melakukan sebuah perbedaan bukanlah kesalahan. Jika perbedaan tersebut justru yang bisa membuatmu bahagia, mengapa tidak kamu lakukan saja? Sebab memaksakan diri dengan sesuatu yang bertentangan dengan hati hanya akan membuatmu terjebak dalam bahagia yang semu.

Jadi jika pilihanmu tak seperti orang pada umumnya, lakukan saja, jangan dengarkan orang lain. Sebab kamulah yang memiliki tanggung jawab penuh atas diri sendiri.

Merasa takut untuk menolak keinginan orang lain

Jangan merasa enggan untuk melakukan penolakan pada suatu hal yang memang bertentangan dengan diri sendiri. Sebab setiap orang memiliki hak untuk melakukan itu. Jika kamu tetap memaksa diri dengan dalih “tidak enak” pada orang lain, maka dirimu sendiri yang akan merasa rugi.

Sebab kamu akan kehilangan jati diri bahkan prinsip-prinsip yang sudah kamu bangun. Toh, mengikuti keinginan orang lain tidak menjamin kebahagiaanmu, bukan?

Membandingkan diri dengan orang lain

Sepertinya poin ketiga ini sudah menjadi permasalahan umum di era sekarang. Pasalnya semakin marak media sosial, semakin banyak pula orang yang gemar membandingkan dirinya dengan kehidupan orang lain dalam postingan yang terkesan “membahagiakan”.

Padahal bisa saja postingan tersebut bukanlah apa yang sebenarnya terjadi. Justru yang didapatkan hanyalah rasa lelah lantaran tak kunjung menggapai ekspektasi yang bersumber dari rasa tak puas. Jadi, berhentilah melihat orang lain dan marilah hargai diri sendiri dengan segala hal yang kamu miliki.

Kerap menyalahkan diri sendiri saat melakukan kesalahan

Banyak orang di luar sana yang sama denganmu yang pernah melakukan suatu kekeliruan. Ketahuilah, salah itu adalah hal yang wajar. Salah itu merupakan titik awal dari sebuah proses perbaikan. Dengan melakukan kesalahan, kamu akan semakin tahu dan semakin bisa mempelajari hal baru. Responlah kesalahan itu dengan penerimaan. Sehingga kamu tak akan menyalahkan diri sendiri yang mana hal itu justru bisa membuatmu semakin membenci diri sendiri.

Itulah lima ciri orang yang tidak bisa menghargai dirinya sendiri. Sekarang coba cek, apakah kamu punya salah satu tanda tersebut? Jika ada, segera benahi ya dan mulai berproses untuk mencintai diri sendiri. Melakukan perubahan itu memang tidak mudah, tapi tenang saja, karena semua butuh waktu dan pembiasaan. Semangat, ya!