Menghadapi Orang yang Tertutup

Menghadapi Orang yang Tertutup - Menghadapi Orang yang Tertutup

Tips Menghadapi Orang yang Tertutup agar Bisa Berteman denganmu

Menghadapi Orang yang Tertutup – Memang tak mudah untuk menjadi terbuka pada seseorang yang belum kita kenal. Hal itulah yang selalu menjadi masalah bagi seorang introvert untuk mencari teman. Setiap orang punya keunikannya sendiri dan butuh waktu untuk menunjukkan siapa dirinya. Orang yang tertutup cenderung sulit untuk didekati.

Kamu pasti sering dibuat penasaran dengan Ceme Online si orang tertutup ini dan sangat ingin berteman, tapi ia sulit terbuka padamu. Lantas strategi apa sih yang bisa diterapkan supaya kamu bisa berteman dengannya? Yuk, simak tips berikut ini agar bisa berteman dengan orang yang tertutup!

Bangunlah kepercayaan dengannya

Menurut Psychology Today, seseorang yang menutup diri dan menyembunyikan sesuatu biasanya memiliki ketakutan akan kehilangan orang disekitarnya sehingga sulit untuk bisa membangun kepercayaannya. Cobalah berteman dengan perlahan sehingga ia punya waktu untuk memercayaimu dan bisa terbuka denganmu apa adanya.

Pahami batasan diri yang dibangun olehnya

Self-boundaries atau batasan diri setiap orang berbeda-beda. Menurut Psychology Today, alasan orang tidak terbuka sepenuhnya adalah karena beberapa hal bukanlah urusan yang harus kamu tahu. Ia hanya membagikannya ke sebagian kecil orang atau menyimpannya sendiri.

Jangan cepat berasumsi terhadap orang tersebut

Dilansir MyDomaine, beberapa orang sulit untuk bisa terbuka dengan semua orang. Kamu harus benar-benar dekat untuk mengenalnya dengan baik. Cobalah untuk tidak menilainya dari luar dan berasumsi dari gosip yang disebarkan orang lain tentangnya. Kamu pun bisa secara perlahan berteman dan memahami alasan mengapa dia bersikap tertutup.

Bersabar dan doronglah dengan kepedulianmu

Kunci untuk berteman dengan orang yang tertutup adalah kesabaran. Kamu sebaiknya menunjukkan bagaimana kamu peduli kepadanya agar ia yakin bahwa kamu benar-benar orang yang tepat dan mau terbuka padamu. Perlahan tapi pasti, ia pasti akan mengakui ketulusanmu dan bisa bersikap terbuka.

Tetap berusaha untuk ada meskipun ia tidak terlalu terbuka kepadamu

Meskipun kamu tidak terlalu dekat dan ingin berteman, cobalah terus. Kamu tidak tahu apa yang sedang ia tutupi dari orang lain. Depresi bisa menjadi salah satu alasan ia tertutup karena sedang menyembunyikan masalahnya. Kalau kamu menjauhinya, justru bisa membuat depresinya tambah memburuk.

Itu dia yang bisa kamu lakukan agar bisa berteman dengan orang yang tertutup. Cobalah perlahan dekati dan jangan terburu-buru. Ia butuh waktu untuk bisa terbuka dan berteman denganmu.