Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Tidak Biasa di Pelihara

neon - Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Tidak Biasa di Pelihara

Ikan hias – Banyak berbagai macam ikan hias air tawar di pasaran saat ini. Di antar jenis ikan hias yang beraneka ragam tesebut banyak sekali ikan dengan rupa dan warna yang unik dan sangat menarik perhatian, terutama bagi kalian yang ingin mempercantik rungan atau hanya sekedar menikmatinya saja.

Baca juga : 7 Perubahan Dari Dunia Sains Dan Teknologi Akibat Virus Corona

1. Ikan Pelangi atau Rainbowfish
Seperti namanya ikan ini memiliki tampilan seperti pelangi yang menjadi ciri dari ikan ini. Ikan yang berasal dari family Melanotaeniidae dapat ditemui di Indonesia dan Australia. Di Indonesia ikan ini dapat ditemukan di Sulawesi dan Papua.

Ikan Pelangi ini merupakan ikan asli Papua yang populer di kalangan pecinta ikan hias. Selain karena coraknya yang indah, ikan ini sudah mulai langka sehingga harganya menjadi lumayan tinggi.

2. Neon Tetra
Ikan yang memancarkan cahaya seperti namanya, ikan neon tetra merupakan ikan yang sangat indah untuk menghiasi akuarium. Ikan yang memiliki nama ilmiah Paracheirodon innesi berasal dari sungai Amazon.

Neon tetra memiliki ukuran tubuh yang kecil dan memiliki warna dominan yaitu warna merah pada bagian bawah dan warna biru mengilat yang melintang sepanjang tubuhnya. Neon tetra merupakan jenis ikan yang bergerombol yang menambah keindahan dari ikan ini. Oleh sebab itu Neon tetra kerap dijadikan ikan penghias pada seni aqua scape.

3. Black Ghost
Ikan Black ghost yang memiliki nama ilmiah Apteronotus albifrons ini berasal dari amerika selatan termasuk amazon. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang unik yaitu memiliki gelambir pada tubuhnya serta memiliki warna yang hitam pada hampir keseluruhan tubuh kecuali ekor sehingga sesuai dengan namanya.

Black ghost merupakan ikan yang populer di kalangan pecinta ikan hias. Black ghost merupakan ikan yang aktif pada malam hari, ikan ini juga memiliki sifat yang tidak menggangu ikan lain jika digabungkan dalam akuarium. Ikan ini juga mampu menghasilkan listrik dalam jumlah yang kecil.

4. Sumatra Barb
Sumatera barb atau juga dikenal dengan nama Tiger barb memiliki nama ilmiah Puntigrus tetrazona. Ikan ini berasal dari indonesia tepatnya di Sumatera dan Kalimantan. Ikan ini merupakan ikan yang terlihat indah ketika berkumpul dengan sesamanya.

Sumatra barb memiliki corak yang indah pada tubuhnya yaitu empat garis hitam yang membujur menyerupai loreng harimau yang mendasari penamaaan ikan ini serta terdapat warna oranye pada ujung siripnya menambah daya tarik ikan ini.

5. Dwarf Pufferfish
Dwarf Pufferfish atau ikan buntal kerdil ini merupakan ikan yang berasal dari India. Ikan ini memiliki ukuran tubuh yang kecil namun memiliki mata yang lumayan besar menjadikan ikan ini semakin indah. Dwarf pufferfish merupakan ikan yang soliter yang cenderung untuk menyendiri.

Dwarf pufferfish memiliki tampilan yang paling lucu jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya, namun sebenarnya ikan ini adalah ikan predator. Ikan ini merupakan ikan yang pintar dan aktif, ikan ini akan mendekat jika dihampiri pemiliknya agar diberi pakan.

6. Kuhli Loach
Kuhli loach merupakan ikan yang bentuknya menyerupai belut. Ikan ini berasal dari perairan asia tenggara terutama Kalimantan, Jawa, Sumatera, dan Thailand. Ikan ini juga merupakan ikan yang populer di kalangan pecinta ikan hias berkat kemampuannya dalam memakan alga yang dapat merusak keindahan akuarium.

Kuhli loach merupakan salah satu jenis ikan pembersih pada akuarium yang senantiasa berenang di dasar akuarium atau di antara sela-sela batu akuarium. Kuhli loach merupakan ikan unik yang harganya lumayan terjangkau di pasaran ikan hias

7. Lobster Hias dan Crayfish
Lobster Hias atau crayfish merupakan jenis lobster yang hidup di perairan air tawar dan memiliki warna serta corak yang memikat. Meskipun memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan jenis lobster yang lain, namun keindahannya menjadi objek utama di dalam suatu akuarium.

Lobster hias merupakan lobster yang aktif dan juga merupakan predator sehingga sebaiknya lobster tidak digabung dalam satu akuarium dengan ikan-ikan yang lebih kecil ukurannya. Harga lobster hias ini lumayan tinggi untuk harga satuannya namun semua itu sebanding ketika anda melihatnya dari balik kaca akuarium.

Sumber : idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *