Fakta Unik Dari Pohon Eukaliptus Dan Manfaatnya

Fakta Unik Dari Pohon Eukaliptus Dan Manfaatnya

Fakta Pohon Eukaliptus – Kali ini kami hadirkan fakta unik dari pohon eukaliptus dan manfaatnya. Eukaliptus sendiri adalah salah satu pohon yang ditemukan di Indonesia karena sebagian besar spesienya memang asli dari Indonesia.

Tanaman ini sendiri bisa mencapai ketinggian hingga 60 meter, dan juga ada yang bisa mencapai ketinggi hingga 99,6 meter, yaitu Eucalyptus Regnans. Ditambah lagi tanaman satu ini memiliki umur yang bisa bertahan hingga 250 tahun.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Fosil Burung Tertua di Bumi

Fakta Unik Pohon Eukaliptus

Termasuk Tanaman Resprouter

Banyak tanaman yang membutuhkan air untuk tumbuh dan bertunas. Namun berbeda dengan eukaliptus yang memiliki kemampuan resprouting. Tanaman ini juga mampu bertahan dari kebakaran dan tumbuh kembali dengan cara vegetatif.

Ketika terjadi kebakaran, maka api akan melelehkan resin yang membungkus benih eukaliptus. Maka benih eukaliptus akan terbuka dan mengeluarkan bijinya.

Jadi walupaun api membakar semua pohon eukaliptus, namun akan tumbuh dan muncu lagi tunas-tunas eukaliptus yang baru.

Seluruh Bagian Memiliki Manfaat

Bunga eukaliptus terdiri dari benang sari yang banyak, namun tidak memiliki kelopak, dan dapat menghasilkan madu monofloral berkualitas tinggi.

Penyerbukan tanaman terjadi secara alami dengan adanya konsentrasi cinole yang tinggi, yaitu senyawa organik cair yang tidak berwarna dan memiliki aroma yang sangat kuat seperti halnya waktu daftar poker99.

Cinole dengan konsentrasi tinggi terdapat pada daun dan kulit eukaliptus, yang memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antijamur.

Biasanya, tanaman ini dijadikan sebagai bahan pembuatan minyak esensial, seperti minyak kayu putih. Karena kebutuhan yang tinggi terhadap air, maka tanaman ini dapat ditanam di daerah rawa dan rawan banjir.

Mengurangi Kerusakan Akibat Kebakaran

Fakta unik pohon eukaliptus selanjutnya yakni memiliki kanopi yang tinggi, sedikit, dan tidak memiliki cabang yang rendah.

Keunikan tersebut merupakan bentuk adaptasi dari tanaman ini untuk mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh kabakaran. Tujuannya agar jaringan pertumbuhan yang vital dan daunnya tidak termakan oleh api.

Masa Pertumbuhan Super Cepat

Eukaliptus memiliki laju pertumbuhan yang super cepat dan ramah lingkungan. Pohon ini baru dianggap sudah matang dan siap untuk dimanfaatkan ketika sudah berumur 10 tahun.

Jika dibandingkan dengan kayu keras lainnya yang membutuhkan waktu untuk tumbuh selama 18 hingga 25 tahun, pertumbuhan eukaliptus ini memang cepat dan ini adalah normal.

Daun Beracun

Daun eukaliptus yang memiliki konsentrasi cinole yang tinggi hanya dapat dimakan oleh koala, glider, dan possum ekor cincin.

Memang tidak semua hewan dapat mengonsumsi daun dari tanaman ini. Hewan lainnya seperti serangga, burung, dan kelelawar hanya dapat menikmati madu dari bunga eukaliptus.

Itulah tadi beberapa fakta unik dari pohon eukaliptus dan manfaatnya. Semoga dengan artikel diatas bisa menambah wawasan dan informasi terbaru seputar dunia sains terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *