Fakta Menarik dari Brookesia Micra, Spesies Bunglon Terkecil yang Ada di Dunia

Fakta Menarik dari Brookesia Micra, Spesies Bunglon Terkecil yang Ada di Dunia

Fakta Menarik dari Brookesia Micra

Fakta Menarik dari Brookesia Micra – Madagaskar merupakan negara dengan kepulauan yanterletak di sebelah timur di Benua Afrika dan terkenak dengan kekayaan keanekaragaman hayatinya yang begitu eksotis. Salah satu binatang endemik di Madagaskar selain lemur adalah bunglon, di mana begitu banyak spesiesnya di negara ini. Menariknya ada pula jenis bunglon terkecil di dunia yang hanya dapat ditemui di Madagaskar yang bernama brookesia micra.

Baca juga : Jusuf Kalla, Segitiga COVID-19 dan Prioritas Nyawa Atas Ekonomi Negara

Tentunya terdapat berbagai keunikan dan fakta dibalik bunglon mungil ini yang perlu kalian ketahui. Mau tahu apa saja faktanya?, yuk langsung simak ulasannya berikut ini.

Ukurannya yang Sangat Kecil

Bunglon ini memiliki ukuran yang begitu kecil dan digadang-gadang sebagai yang terkecil di dunia. Bagaimana tidak, ukuran panjang brookesia micra hanya mencapai 2 sampai 3 cm saja saat mencapai usia dewasa, sesuai dalam laman Madam Magazine.

Sedangkan menurut Madcham, sekujur tubuhnya diselimuti oleh kulit yang memiliki spinal di punggungnya seperti jenis bunglon lainnya, yang berjumlah 11 hingga 12 ruas. Warna kulit binatang ini berupa coklat kekuningan dan memiliki buntut yang cenderung lebih cerah dibandingkan tubuhnya.

Hanya Mendiami Sebuah Pulau

Bunglon ini juga hanya dapat ditemui di sebelah utara Pulau Madagaskar, yang live22 apk bernama Pulau Nosy Hara. Pulau kecil tersebut hanya memiliki luas sebesar 3,2 km persegi saja dan dipenuhi oleh batuan karst atau kapur, serta ditumbuhi hutan kering.

Berdasarkan laman Madcham, meskipun begitu brookesia micra cenderung tinggal di tempat yang lembap, seperti berada di akar pohon besar. Selain itu, seringkali tidur pada selembar daun ataupun rumput serta cenderung menyukai berada di dekat dengan permukaan tanah.

Spesies Baru Tahun 2012

Brookesia micra menjadi salah satu spesies baru yang ditemukan pada tahun 2012 oleh ilmuwan asal Jerman bernama Frank Glaw, Jorn Kohler dan ilmuwan asal AS bernama Ted Townsend. Kemudian binatang ini diidentifikasi sebagai genus Brookesia sama halnya dengan beberapa spesies bunglon mini di Madagaskar lainnya, lalu diberik nama bahasa Yunano, mikros yang berarti kecil.

Menurut San Diego Union Tribune, binatang ini mengalami evolusi miniaturism di pulau tersebut sehingga ukurannya mengecil dari ukurannya 150 tahun yang lalu. Di samping itu, karena tinggal di pulau kecil, sehingga jarang terdapat serangga besar yang membuatnya berevolusi untuk memangsa serangga berukuran mikro.

Binatang Diurnal

Binatang ini termasuk diurnal atau aktif pada pagi hingga sore hari dan mencari mangsa yang berupa serangga kecil, seperti semut, apid atau lalat buah. Sedangkan saat malam hari, ia akan memanjat ke pohon dan berdiam pada sebuah batang kecil untuk tidur.

Serta tentunya juga memiliki cara pertahanan diri untuk menghindari berbagai predatornya yang kerap mengintainya. Sehingga bunglon ini kerap kali akan diam ketika ada bahaya yang mendekat, serta memiliki kulit yang sama dengan ranting pohon atau daun kering yang membuatnya tak terlihat.

Semakin Terancam Punah

Meskipun berada di habitat yang cukup aman, karena terletak di pulau terpencil yang menjauhkannya dari berbagai pemangsa besar. Nyatanya brookesia micra memiliki kondisi yang juga semakin terancam karena adanya manusia yang datang ke pulau tersebut.

Banyaknya kasus illegal logging di pulau tersebut yang juga merusak habitat alaminya, serta membuatnya rawan untuk diburu oleh berbagai jenis predator. Sehingga menurut IUCN Red List, bunglon mini ini masuk dalam kriteria near threatened.

Nah, itu tadi beberapa fakta-fakta dari brookesia micra yang merupakan bunglon paling kecil di dunia. Menjadi salah satu hewan vertebrata terkecil di dunia. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian dan mari kita jaga hewan yang ada di sekitar kita.

Sumber : idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.