7 Sebutan yang Unik Saat Tidur Karena peristiwa yang Bisa Terjadi

7 Sebutan yang Unik Saat Tidur Karena peristiwa yang Bisa Terjadi

7 Sebutan yang Unik Saat Tidur

7 Sebutan yang Unik Saat TidurTidur adalah sebuah proses istirahat yang dialami oleh semua makhluk hidup dengan suatu kondisi tidak sadar dan diperlukan untuk menunjang kesehatan. Dalam tidur biasanya kita akan mengalami berbagai kejadian yang tidak terduga dan juga unik yang terkadang dianggap sangat aneh oleh sebagian orang. Seperti sadar bahwa kita sedang bermimpi, terjatuh dalam mimpi, hingga merasa sudah bangan padahal masih sedang tertidur.

Baca juga : Kesal Anjing Pemberian Dipukul, Pria di Musi Banyuasin Bunuh Rekan Kerja

Nah, ternyata dalam dunia kesehatan, hal-hal itu memiliki istilah tersendiri lho! Apa saja?

SLeep Paralysis

Di Indonesia sleep paralysis atau kelumpuhan tidur sering dikaitkan dengan satu kejadian mistis yang disebut ketindihan. Namun sebetulnya dalam penjabaran sains, hal tersebut tidaklah tepat lantaran kejadian ini dapat diuraikan secara medis.

Dalam WebMD pada halaman healthy sleep trends disebutkan bahwa sleep paralysis sendiri adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa kesulitan untuk bangun, bergerak, atau bicara selama beberapa saat dalam kondisi antara tidur dan tersadar.

Selain itu, biasanya orang cenderung kesulitan bernapas sehingga mengalami panik dalam masa transisi antara tidur dan terjaga itu. Untuk mengatasi ini, kamu disarankan agar tetap tenang dan ambil napas dalam, berusahalah untuk menggerakan jari-jari agar kamu bisa terjaga.

Sleep Apnea

Sleep apnea adalah satu kondisi dimana pernapasan seseorang cenderung berhenti di saat tidur, sehingga kualitas tidur menjadi turun dan adapula yang membahayakan.

Dikutip dari sleepapnea.org, kondisi sleep apnea dibagi menjadi tiga tingkatan. Yakni obstruktif, sentral, dan campuran. Meski umum dialami, namun jika hal tersebut terjadi secara rutin atau sering, maka perlu penanganan medis untuk pemeriksaan apakah terdapat penyakit serius dalam tubuh.

Mereka juga menuliskan bahwa sleep apnea cenderung lebih banyak terjadi pada pria dengan beberapa gejala seperti mendengkur terlalu keras, atau bangun di pagi hari dengan mulut kering atau sakit kepala.

Lucid Dream

Lucid dream adalah sebuah kondisi dimana kamu sadar bahwa sedang bermimpi dalam tidur. Peristiwa ini umum terjadi apabila seseorang sudah webhostingreviewsbynerds.com memasuki tahap REM sleep atau rapid eye movement yakni sebuah tahapan puncak dalam tidur, dimana orang cenderung terlelap dengan nyenyak dan bermimpi. Hal tersebut biasanya ditandai dengan detak jantung yang berdentum cepat dan tekanan darah jadi meningkat.

Melalui Health Line, disebutkan pula bahwa saat seseorang mengalami lucid dream, maka mereka bisa mengendalikan mimpi tersebut. Mulai dari alur, tempat, bahkan kamu bisa memilih kapan ingin bangun.

False Awakening

False awakening merupakan sebutanb untuk suatu peristiwa dimana kamu sudah merasa terjaga dari tidur, namun yang kamu alami sebenarnya adalah mimpi.

Kondisi ini kerap terjadi terutama apabila seseorang merasa ingin pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil, dalam pikiran ia meyakini bahwa dirinya sudah terbangun dan sudah telah di tempat tersebut. Namun beberapa waktu kemudian ia akan tersadar bahwa dirinya masih tertidur di atas kasur.

Menurut Very Well Health, kondisi ini bisa juga berkaitan dengan lucid dream dimana seseorang cenderung mengendalikan apa saja yang terjadi dalam mimpi mereka dan di suatu celah, mereka merasa mimpi sudah usai lalu mereka telah terjaga dan sudah berada di dunia nyata padahal itu belum terjadi.

Hypnic Jerk

Dalam satu keadaan, seseorang cenderung mengalami sebuah mimpi terjatuh atau terpeleset sehingga mereka terperanjat saat tidur. Hal ini ternyata dialami oleh banyak orang dan dinamai sebagai kondisi hypnic jerk.

Dilansir dari Medical News Today, sebuah keadaan hypnic jerk rupanya memiliki tingkatan yang berbeda-beda. Ada yang tidak menyadari bahwa mereka mengalami hypnic jerk, namun diketahui oleh orang terdekat seperti pasangan yang tidur di samping. Serta adapula yang dengan jelas merasakan kedutan tersebut dan biasanya ditandai dengan mimpi terjatuh atau terpeleset.

Hypnic jerk sendiri umumnya terjadi diakibatkan oleh sentakan dari satu atau beberapa otot ketika seseorang sudah tertidur dan memasuki tahapan REM sleep.

Somniloquy

Dalam tidur seseorang, mengigau atau berbicara merupakan salah satu kejadian yang biasa terjadi. Ini yang dinamakan dengan somniloquy.

Sleeptalking sebutan lainya merupakan suatu hal yang sangat wajar, dimana peristiwa ini terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia. Baik anak-anak maupun pada orang dewasa juga bisa mengalami hal yang serupa.

Berbeda dari kejadian-kejadian sebelumnya, somniliquy bisa terjadi di berbagai tahapan tidur dan tidak selalu dalam tahap REM. Umumnya orang yang mengalami hal ini cenderung tidak sadar bahwa mereka mengigaukan sesuatu.

Power Nap

Power nap merupakan sebuah situasi tidur singkat yang biasanya dilakukan pada siang hari dengan durasi terbatas. Berbeda dengan siklus tidur pada malam hari, power nap cenderung tidak melewati fase REM sleep atau tidur nyenyak, itu sebabnya beberapa orang menamai istilah ini dengan tidur-tidur ayam.

Dilansir dari situs Headspace, durasi waktu power nap yang disarankan ialah 10 hingga 30 menit. Hal ini bisa bermanfaat bagi ketajaman fokus dan berpikir. Selain itu tidur siang yang cukup juga bisa menambah kewaspadaan dan membuat pikiran jadi lebih fresh.

Nah itulah beberapa istilah kondisi yang seringkali dialami seseorang saat tidur, dari beberapa nama di atas, mana saja yang pernah kamu alami?

Sumber : idntimes.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *