Yukz Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang dengan Keuangan Sehat ya

45 2 - Yukz Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang dengan Keuangan Sehat ya

Yukz Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang dengan Keuangan Sehat ya

Yukz Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang dengan Keuangan Sehat ya – Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Tanpa disadari, saat pandemik gak hanya goyang TikTok saja lho yang naik daun. Beberapa bulan terakhir, bahasan seputar investasi juga ternyata ikut jadi sorotan, apalagi makin banyak layanan dan platform investasi digital yang katanya bisa bikin cuan nih di kalangan netizen, terutama di kalangan netizen millennials.

Walau sepertinya bahasan seputar keuangan ini memang sudah banyak jadi perbincangan di mana-mana, masih banyak lho yang salah kaprah dan pemahamannya belum tepat tentang investasi. Makanya, sebelum melangkah lebih jauh ngomongin investasi, kali ini  Agen Club388 Indonesia Times mau mundur sedikit untuk berbagi tentang tujuan pengelolaan keuangannya dulu nih, tujuannya jadi orang kaya atau jadi orang dengan keuangan sehat?

Pada dasarnya jadi orang kaya itu tidak ada ukurannya, tapi jadi orang dengan keuangan sehat atau financially fit itu bisa diukur. Financially fit bisa dilihat dari progress kondisi keuangan seseorang, misalnya tahun pertama bekerja sudah mulai menabung, tahun kedua mulai mikirin proteksi atau asuransi, tahun ketiga sudah rutin kumpulin dana darurat, begitu seterusnya sampai akhirnya bisa berinvestasi. Supaya bisa financially fit, IDN Times punya 4 tips bermanfaat nih, simak yuk!

1. Coba buat catatan kebutuhan hidupmu saat ini dan klasifikasikan menjadi tiga pos
shutterstock 381701503 596d8effd79d96c5b41c6d5061452282 - Yukz Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang dengan Keuangan Sehat ya

Sebelum mulai menentukan instrumen investasi kamu, coba deh tengok lagi budget plan kamu setiap bulannya. Lalu tanyakan lagi, apakah kamu sudah cukup teratur atau ternyata masih berantakan? IDN Times punya “rumus sederhana” yang bisa kamu aplikasikan nih.

Elizabeth Warren salah seorang senator Amerika Serikat, dalam bukunya yang berjudul All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan, ia memperkenalkan rumus 50/30/20. Di sini perencanaan keuangan kamu setiap bulannya dibagi menjadi tiga pos utama yaitu 50 persen untuk pos pengeluaran yang meliputi utang, tagihan, pajak dan kewajiban lainnya. Lalu, 30 persen untuk pos kebutuhan seperti makan, transportasi, hingga paket data. Lalu terakhir 20 persen untuk pos tabungan, dana darurat atau investasi. Terus bagimana cara membedakan dana darurat, tabungan pensiun dan investasi? Yuk lihat tips selanjutnya!

2. Pahami perbedaan dana darurat, dana kesehatan, dana pensiun
shutterstock 264841286 fdf1a794eaa0befc1992ec456431b356 - Yukz Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang dengan Keuangan Sehat ya

“Boleh gak semuanya di gabung?” Ini biasanya jadi pertanyaan yang sering muncul ketika mendengar istilah dana darurat, dana kesehatan, dan dana pensiun. Jawabannya tidak, namun besaran yang di butuhkan setiap orang bisa saja berbeda-beda. Sebelum membahas lebih jauh, kita bahas hal dasarnya dulu ya.

Dana darurat adalah sejumlah uang yang di gunakan sewaktu-waktu kamu membutuhkannya untuk kebutuhan yang gak di sangka-sangka. Nah, dana darurat ini biasanya di simpan di tempat yang mudah di cairkan sesegera mungkin. Kalau dana kesehatan, seperti namanya pastinya ini untuk tujuan kesehatan. Bentuk penyimpanannya pun beragam, bisa berupa asuransi ataupun di simpan pada rekening khusus yang di akses hanya ketika kamu jatuh sakit.

Terakhir ada dana pensiun, ini merupakan dana yang akan kamu manfaatkan ketika kamu sudah memasuki usia pensiun atau dalam kondisi tidak bisa produktif bekerja lagi. Sekarang tahu bedanya kan? Ingat! Ketiganya penting lho untuk kamu miliki. Terus kapan mulai investasinya? Sabar, yuk lihat tips ketiga!

3. Jadi prioritas utama, tabungan harus menggunakan sumber dana yang tepat
shutterstock 367635485 0bb5c983fa458267bd3944eb5d5b404e - Yukz Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang dengan Keuangan Sehat ya

Buat kamu yang sudah mainan investasi, pastikan untuk selalu melakukan analisis mendalam. Sementara untuk pemula mulai dari cara gampang deh yaitu dengan mulai dari nominal yang terjangkau. Lakukan dengan konsisten dan jangan pakai ‘uang panas’ ya.

Kategori uang panas misalnya seperti uang hasil pinjaman online, uang pendidikan, uang kebutuhan sehari-hari. Atau uang untuk membayar utang atau cicilan, uang hasil dari gadai atau uang untuk modal usaha. Pastikan selalu menggunakan uang dingin atau uang yang tidak di gunakan untuk kebutuhan apapun ya!

4. Mulai belajar investasi sedikit demi sedikit asalkan rutin
shutterstock 337737683 6c35fd5491f81b7e02b45e00febc9618 - Yukz Pilih Jadi Orang Kaya atau Orang dengan Keuangan Sehat ya

Sebelumnya kami sudah menyebutkan kalau kegiatan berinvestasi bisa di mulai dari nominal yang terjangkau, yang penting konsisten. Bahkan sekarang sudah ada solusi investasi mulai dari Rp20 Ribu lho. Bank OCBC NISP lewat program #SAVE20 mengajak anak muda untuk melakukan kebiasaan baru di era next normal. Dengan memulai kebiasaan menabung dan berinvestasi mulai dari Rp20.000 saja.

Dari data produk manajemen keuangan di Bank OCBC NISP, jika nasabah mulai menabung dan berinvestasi dengan nilai Rp20.000 secara konsisten setiap hari dimulai dari umur 20 tahun, maka nasabah tersebut dapat memperoleh Rp 3,7 Miliar di usia pensiunnya [1].