The Body Shop Ajak Masyarakat Indonesia Dukung RUU PKS

50 - The Body Shop Ajak Masyarakat Indonesia Dukung RUU PKS

The Body Shop Ajak Masyarakat Indonesia Dukung RUU PKS

The Body Shop Ajak Masyarakat Indonesia Dukung RUU PKS – Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual adalah rancangan undang-undang di Indonesia mengenai kekerasan seksual. RUU ini diusulkan pada tanggal 26 Januari 2016.

RUU ini mencakup mulai dari pencegahan, pemenuhan hak korban, pemulihan korban hingga mengatur tentang penanganan selama proses hukum. The Body Shop Indonesia terus melakukan berbagai upaya untuk mendorong pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS).

Serta mengedukasi dan membangun kesadaran masyarakat atas pentingnya Agen Club388 Indonesia RUU PKS. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar Virtual Redaksi Visit The Body Shop® Indonesia: Semua Peduli, Semua Terlindungi Sahkan RUU PKS #TBSFightForSisterhood

1. Indonesia darurat kekerasan seksual
antarafoto desak pengesahan ruu pks 010919 hma 3 e495aa138431972c79b5b155f88ffcce - The Body Shop Ajak Masyarakat Indonesia Dukung RUU PKS

Dalam pernyataan nya, The Body Shop mengatakan saat ini Indonesia tengah berada dalam situasi darurat kekerasan seksual karena semakin sulit untuk mencari ‘ruang aman’.

“Situasi darurat kekerasan seksual ini berlangsung di berbagai tempat seperti sekolah, kampus, rumah, kantor, dan bahkan secara online. Padahal ruang aman adalah hak paling mendasar bagi semua individu untuk nyaman dalam beraktivitas secara normal,” kata perusahaan.

“Sudah saatnya Indonesia menaruh perhatian tinggi terhadap RUU PKS demi keberlanjutan dalam penanganan kekerasan seksual di Indonesia.”

2. Pandangan berbagai pihak atas RUU PKS
0511ruupks3 dca4894e9977e77eb49c54b0d65ed7f2 - The Body Shop Ajak Masyarakat Indonesia Dukung RUU PKS

The Body Shop dalam pernyataannya juga menyebut bahwa RUU PKS merupakan kebijakan yang di nilai banyak pihak dapat mencegah atau mengurangi kekerasan seksual karena dalam substansi kebijakan sudah mencakup aspek pidana, aspek pemulihan dan upaya penghapusan kekerasan seksual.

RUU PKS juga memperluas cakupan kekerasan seksual meliputi 9 perilaku yang di kelompokkan sebagai kekerasan seksual, jelasnya.

“RUU PKS juga berbicara mengenai hukum acara pidana yang berkaitan erat dengan sikap penegak hukum terhadap korban. Pada RUU PKS melarang aparat penegak hukum untuk merendahkan, menyalahkan korban dan membebankan korban. Pada RUU PKS adalah kebijakan yang dapat memberikan perlindungan dan pemulihan korban, termasuk dengan melibatkan peran masyarakat dan tokoh daerah,” kata perusahaan.

“Kedua aspek ini dapat mengedukasi masyarakat terkait kekerasan seksual,” tambahnya.

3. Ajak masyarakat dukung pengesahan RUU PKS
antarafoto desak pengesahan ruu pks 010919 hma 2 446d19df46b167bb980b0cbdac1e4ef0 - The Body Shop Ajak Masyarakat Indonesia Dukung RUU PKS

The Body Shop juga mengatakan terus aktif mengajak masyarakat untuk terlibat mendukung pengesahan RUU PKS. Salah satu caranya adalah dengan menggelar kampanye dan juga pengumpulan petisi.

“Sejak pertama kali di luncurkan 5 November 2020 petisi TBS Fight For Sisterhood telah terkumpul 234,619 tanda tangan. Kita masih terus meminta dukungan petisi sebanyak 500 ribu yang akan di lakukan sampai bulan Maret 2021 agar RUU PKS segera di putus menjadi undang-undang yang sah,” jelasnya.

“Undang-Undang tentang penghapusan kekerasan seksual merupakan kebutuhan semua pihak di negara ini, sehingga harus ada gerakan bersama untuk mewujudkannya,” tambah merek produk kecantikan asal Inggris tersebut.