Skill yang wajib dibutuhkan oleh seorang web designer

Skill yang wajib dibutuhkan oleh seorang web designer

Skill web designer

Skill yang wajib dibutuhkan oleh seorang web designer – Seorang perancang web memang harus membutuhkan keterampilan tersendiri. Pasalnya harus mengetahui lebih banyak bagaimana kode situs web harus dijalankan. Apalagi perancang web sebetulnya menuntut dua kemampuan sekaligus, yakni design dan programming.

Karena itulah, dibutuhkan ketekunan dan kedisiplinan saat memulai berkarier menjadi perancang website.

Apa saja skill dan kemampuan yang harus dikuasai? Pekerjaan apa yang akan dilakukan oleh seorang web designer? Cukupkah dengan HTML dan CSS saja?

Berikut adalah skill yang diperlukan untuk menjadi web designer

Deskripsi pekerjaan desainer web

Menjadi desainer web tentu memiliki tugas dan tanggung jawab sangat banyak, baik bekerja secara freelance maupun di perusahaan besar.

Penting untuk mengetahui secara detail tentang deskripsi pekerjaan desainer web agar mudah dalam melaksanakan setiap pekerjaan yang diterima dari atasan.

Tanggung jawab desainer web

  • Membuat rancangan konsep layout wireframing maupun visual
  • Membuat dan melakukan konversi layout visual HTML dan CSS
  • Membuat dan mempercantik tampilan HTML dengan CSS
  • Menambahkan efek tambahan sesuai kebutuhan
  • Mengevaluasi dan menganalisa dengan teliti kode yang sudah benar

Kemampuan teknik (Hard Skill) web designer

HTML/CSS

HyperText Markup Language (HTML) merupakan bahasa markup standar yang biasa diterapkan untuk membuat halaman web.

Bahasa markup ini adalah suatu cara untuk membuat notes di dalam dokumen digital. Bahkan HTML termasuk hal paling dasar yang dibutuhkan untuk mengembangkan website.

Sedangkan Cascading Style Sheets (CSS) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mempresentasikan file HTML yang sudah dibuat. HTML berguna untuk membangun pondasi dari sebuah website.

JavaScript/jQuery

JavaScript akan menentukan fungsi yang terdapat dalam sebuah website. Terutama jika ingin mendapatkan fitur interaktif seperti audio, video, game, atau animasi yang pastinya membutuhkan JavaScript.

Kemudian adanya jQuery membuat penggunaan JavaScrips menjadi lebih cepat dan mudah dalam pembuatan kode.

Framework CSS dan JavaScript

CSS dan JavaScript adalah bagian besar dalam front-end development yang akan menjadi dasar dari keterampilan yang lain. Dimana Framework dari CSS dan JavaScript termasuk koleksi dari file CSS atau JavaScript untuk membantu melakukan tugas tertentu, misalnya login ke sebuah website atau mencari blog.

Preprocessor CSS

CSS adalah sebuah tool yang akan membuat para developer lebih mudah dan fleksibel dalam melakukan tugasnya. Terdapat beberapa contoh Preprocessor CSS yaitu Sass, LESS, atau Stylus.

Disini dapat dilakukan penulisan dan pengubahan kode secara jauh lebih simpel. Preprocessor CSS tersebut akan mengubah kode ke dalam bentuk CSS yang akan bekerja melalui website.

Testing/Debugging

Setiap website lokal yang terlihat sederhana hingga website berskala internasional, pasti tak terlepas dari blug. Namun agar website tersebut dapat berjalan baik, maka harus menghilangkan bug tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.