Film Bollywood Membahas Masalah Masyarakat

Film Bollywood Membahas Masalah Masyarakat

Film Bollywood yang Berani Membahas Masalah Serius di Masyarakat

Film Bollywood Membahas Masalah Masyarakat – Tidak sedikit masyarakat Indonesia merasa bosan saat menjalani PSBB diri di rumah. Daripada terus berselancar di gawai kalian, ada baiknya mengisi waktu luang dengan menonton film.

Masih banyaknya fenomena dan permasalahan di masyarakat yang kadang sulit untuk kita rubah. Namun salah satu paling ampuh membangun kesadaran pada masyarakat dengan melalui film yang bisa masuk di berbagai daerah. Di sini ada beberapa film yang banyak membahas mengenai masalah-masalah serius yang ada di masyarakat yang ada namun jarang kita angkat, apa saja? Yuk langsung aja kita lihat.

My Name is Khan – Orang muslim bukanlah teroris

Kejadian 9/11 memang memberiikan dampak yang luar biasa terhadap orang muslim di Amerika. Khan seorang muslim dengan sindrom Asperger menyukai Mandira dan menikahinya. Keluarga yang bahagia ini mulai mendapatkan masalah ketika Sam, anak Mandira dari pernikahan sebelumnya harus menghadapi bullying karena kejadian 9/11 meskipun dia tidak beragama muslim.

Sam yang terus menerus mendapatkan bullying akhirnya meninggal akibat tekanan fisik teman-temannya. Mandira yang sangat terpukul menyalahkan Khan karena semua kejadian ini. Untuk itu Khan akhirnya melakukan perjalanan bertemu presiden untuk meyakinkan bahwa dirinya bukanlah teroris

Meski insiden ini tak terlalu berdampak besar pada kita namun masalah ini masih ada hampir seluruh dunia, bahwa orang muslim bukanlah teroris.

Toilet Ek Prem Katha – Dampak dari sistem yang korup

Keshav jatuh cinta pada Jaya dan menikahinya. Namun, ia mengeluh bahwa tidak ada toilet di rumah mereka karena pandangan masyarakat yang bertentangan tentang toilet.

Film hendak menunjukan masih banyaknya daerah yang menjalani kehidupan yang tidak bersih karena tidak adanya akses sanitasi yang layak di daerah terpencil seperti ini dengan berbagai alasan seperti minimnya pendidikan tentang pentingnya akses sanitasi hingga kondisi pejabat yang korup menciptakan kondisi masyarakat semakin parah.

Film India Rekomendasi yang Memiliki Ending di Luar Dugaan

3 Idiots – Kuliah mengejar skill bukan gelar

Pada dasarnya pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan murid bukan hanya sekedar mencari ijazah saja. Menceritakan tentang persahabatan tiga orang yakni Farhan, Raju dan Rancho ketika menjalani pendidikan mereka di universitas paling terkenal di India. Mereka banyak membuat ulah di sana karena Rancho yang memiliki pandangan berbeda terkait pendidikan yang seharusnya.

Film ini menunjukan bagaimana sisi gelap sistem pendidikan yang hanya sekedar menghafal dan banyak menekankan nilai bukan proses hingga berdampak pada psikologis para mahasiswanya.

Barfi! – Tidak ada batasan dalam cinta

Bercerita tentang seorang anak tunarungu yang menjalin kisah percintaan dengan dua perempuan cantik, Shruti yang sudah menikah dan Jhilmil gadis autis.

Kisah percintaan Barfi menunjukan sisi yang jarang sekali kita lihat bahkan kadang kita anggap sebagai sesuatu yang aneh. Film ini mampu menunjukan dengan baik bagaimana cinta bisa datang darimana saja dan untuk siapa saja.

Padman – Masih banyak kesalahan memandang wanita

Bercerita tentang kondisi di India di mana masih banyak sekali wanita tidak memakai pembalut ketika menstruasi. Hal ini dipicu karena masalah menstruasi masih dianggap sebagai hal yang tabu bagi sebagian besar masyarakat India.

Arunachalam Muruganantham yang melihat kondisi ini mencoba membuat Pembalut Wanita yang sederhana, higenis, sekaligus murah agar bisa di konsumsi oleh masyarakat. Perjuangannya memberikan kebebasan kepada wanita untuk menjalani hari-hari seperti biasanya, bukan malah membuat mereka dijauhi karena stigma negatif yang terus menerus bertahan.

Itulah film Bollywood yang berani membahas isu di masyarakat. Mana yang pernah kamu tonton?